Apa Itu Virtual Machine? :-?


Nama Kelompok :
1. Sherly 210.511.013
2. Megga Farah Nazsa 210.511.016
3. Sri Romadhani 210.511.045
4. Kartika Wahyuningtyastuti 210.511.164

Halo. Artikel kali ini kami akan memberikan artikel tentang Sistem Operasi khususnya di Virtual Machine. kami meminta maaf apabila ada penulisan kami yang kurang berkenan.  Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca dan kami untuk lebih menambah ilmu. Amin.

Sekilas Tentang Sistem Operasi
Sistem operasi secara umum ialah Pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer. Sistem operasi Komputer adalah Perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program - program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.
Pada umumnya Komponen sistem operasi terdiri dari Manajemen Proses, Manajemen Memori utama, Manajemen Berkas, Manajemen sistem I/O, Manajemen penyimpanan sekunder, Sistem Proteksi, Jaringan dan Command – Interpreter System. Layanan sistem operasi dirancang untuk membuat programming menjadi lebih mudah . Sistem operasi mempunyai lima layanan utama dan tiga layanan tambahan . System calls ada lima jenis. System program menyediakan environment yang memungkinkan pengembangan program dan eksekusi berjalan dengan baik.
Komponen – komponen sistem operasi dapat dihubungkan satu sama lain dengan tiga cara. Pertama, dengan struktur sederhana, kemudian berkembang dengan cakupan yang original. Kedua, dengan pendekatan terlapis atau level Lapisan yang lebih rendah menyediakan layanan untuk lapisan yang lebih tinggi. Model sistem operasi seperti ini terdiri dari tiga belas level . Ketiga, dengan metode mikrokernel, dimana sistem operasi disusun dalam bentuk kernel yang lebih kecil.
Jika sudah paham tentang apa itu sistem operasi, disini kami akan mengambil tema tentang  ” Virtual Machine ”. kami akan membagi beberapa artikel seputar Virtual Machine. Pada artikel kali ini kami akan terlebih dahulu membahas tentang Apa itu Virtual Machine.?
Apa Itu Virtual Machine? :-?
Virtual machine, atau sering disebut VM saja merupakan software yang digunakan untuk mensimulasikan lingkungan kerja suatu perangkat komputer secara virtual. Jadi anda tidak perlu menambah hardware apapun disini, cukup dengan simulasi saja. VM akan membuat kumpulan perangkat virtual mulai dari BIOS, Harddisk, memory dan lain-lain sehingga anda bisa menjalankan berbagai macam OS dari sana. Namun OS harus dijadikan disc "virtual" (ISO) terlebih dahulu supaya bisa diinstall di VM.
VM mengenal istilah Host OS dan Guest OS. Host OS sendiri adalah sebutan untuk OS dimana VM berjalan sedangkan guest OS adalah sebutan untuk OS yang dijalankan oleh VM. Jadi dengan menggunakan VM berarti anda membuka OS didalam OS. Bisa saja anda pakai windows 7 dan membuka mac OS X didalam VM.
Jadi sudah kenal kan dengan  virtual machine? :D
Tujuan menggunakan  virtual machine apa saja? Yang pastinya banyak, cuma menurut penulis yang paling umum adalah untuk hal - hal yang sifatnya coba - coba (eksperimental).
Anda bisa melakukan apapun pada guest OS tanpa perlu khawatir host OS yang anda pakai corrupt atau tidak bisa boot. Jadi disini anda bisa mencoba dual bootwindows dengan linux misalnya, atau bahkan triple boot dengan windows, linux dan mac OS TANPA harus mengorbankan OS yang sedang anda pakai. Paling kalau guest OS-nya corrupt, tinggal install ulang bukan? atau restore dari backup.. :D
Semua terjadi secara virtual dan bukan pada hardware sebenarnya. Untuk penjelasan pada artikel  berikutnya kami akan membahas tentang jenis – jenis virtual machine. Tunggu Artikel Selanjutnya ya. ^_^



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Berbagi Ilmu Pengetahuan mengatakan...

nuhun geulis infonya.......

Posting Komentar