Instalasi Sistem Operasi melalui Virtual Box


Nama Kelompok :
1.  Sherly 210.511.013
2.  Megga Farah Nazsa 210.511.016
3.  Sri Romadhani 210.511.045
4. Kartika Wahyuningtyastuti 210.511.164
Halo. Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang pengelompokan jenis Virtual Machine , serta kelebihan dan kekurangan dari virtual machine itu sendiri. Pada artikel ini kami akan menulis tentang Instalasi Sistem Operasi melalui Virtual Box. Kami minta maaf apabila ada penulisan kami yang kurang berkenan. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca dan kami untuk lebih menambah ilmu. Amin.

Apa itu Virtual Box??:-?
Oracle VM VirtualBox atau biasa disebut dengan VirtualBox merupakan salah satu produk perangkat lunak yang sekarang dikembangkan oleh Oracle (sebelumnya dipegang oleh Sun Microsystem sebelum diakuisisi oleh Oracle). Perangkat lunak ini  berfungsi untuk melakukan virtualisasi sistem operasi.
Virtualbox telah mendukung banyak sistem operasi di dalamnya. Dari mulai yang biasa kita gunakan seperti Microsoft Windows hingga sistem operasi yang mungkin belum pernah kita dengar sebelumnya seperti QNX. Dan yang terpenting lagi dari Virtualbox ini adalah kita bebas untuk menginstallnya karena perangkat lunak ini bebas juga kita download dan kita modifikasi. Silahkan masuk ke www.virtualbox.org untuk mendownload perangkat lunak ini. Virtualbox merupakan jenis hypervisor type 2.

1.                 Instalasi Sistem Operasi dalam Virtual Box.
Disini kami tidak membahas secara detail tentang penginstallan sistem operasi tersebut, tetapi kami memberikan gambaran besar cara pengaturan awal penginstalasian.
Setelah terinstall silahkan dijalankan VirtualBoxnya. Tampilan awal dari antarmuka VirtualBox yang saya install ialah sebagai berikut.

Anda akan melihat di bagian sebelah kiri dari VirtualBox terdapat beberapa baris nama sistem operasi yang telah saya install ada disitu :) . Secara bertahap akan saya jelaskan cara menjalankan VirtualBox ini yang pengoperasiannya sangat mudah sekali.
Pertama - tama tentukan apa yang akan anda install di VirtualBox. Sebagai contoh kita akan menginstall GNU/Linux Debian. Maka langkah - langkah yang perlu dilakukan ialah sebagai berikut.
Pilih tombol “New” pada seperti pada gambar berikut ini :
          Kemudian akan muncul pop-up window dialog Create New Virtual Machine. Pilih “Next” hingga muncul pilihan untuk Virtual Machine (VM) dan OS Type yang akan diinstall. Masukkan “Name” dengan nama guest OS yang akan kita install. Kemudian pilih tipe OS yang akan diinstall, sebagai contoh “Linux”. Kemudian dari Linux ada beberapa distro yang dapat diinstall. Pilih “Debian”.
          Pilih “Next” dan akan muncul pemilihan jumlah memory yang akan digunakan untuk guest OS yang akan kita install. Pilihlah yang wajar misalkan 512 M.
                              
Setelah itu pilih Next lagi untuk memilih Virtual Disk yang akan kita gunakan. Tercentang di awal “Boot Hardisk” dengan radio button ke “Create New hard disk”, next, kemudian pilih VDI, next.

     
          Langsung saja pilih Next dan Next lagi. Akan ada pilihan “Dynamically expanding storage” dan “Fixed-size storage”. Sebagai awal pilihlah “Dynamically expanding storage”.

         Kemudian pilih Next kembali. Tentukan dimana anda akan menyimpan virtual hard disk anda, Kemudian tentukan jumlah besar virtual hard disk anda. Rekomendasi dari VirtualBox untuk menginstall sebesar 8GB.

            Kemudian pilih Next dan Create. Pada posisi ini anda telah berhasil membuat virtual hard disk untuk menyimpan guest OS yang akan anda install nantinya.

            Jika sudah sistem operasi yang dibuat sudah ada, maka langkah yang perlu anda lakukan ialah memulai untuk memasang ISO tersebut agar dapat diinstall.
Posisi virtualbox anda seharusnya sekarang berada pada posisi awal eksekusi. Selanjutnya pilih “Settings”, Storage, pilih iso yang akan diinstall, ok.
         Selanjutnya pilih system , pada boot order atur posisi hard disk diatas, seperti yang ada pada gambar, ok.
          Selanjutnya pilih network , ganti perintah seperti yang ada pada gambar, ok.
Silahkan mulai diklik tombol “Start” di tampilan awalnya.Akan ada tampilan instalasi sistem operasi seperti biasa,,Selamat menginstall. J



Sekian dulu artikel kami kali ini, nah ke depannya nanti kami akan membahas bagaimana cara kita Konfirgurasi Jaringan antara Sistem Operasi Linux Debian 5 dengan Sistem Operasi Windows 7 Ditunggu ya artikel berikutnya. Keep upDate.!! J
Leave Comment y. J
      Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/VirtualBox



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar